OLEH : PSIKOLOG FUDIN PANG DARI "ACCURATE" HEALTH CENTER MEDAN

Home

Kamis, 24 Desember 2009

Kedewasaan

ko, nanya nih... katanya kalo sesorang makin tua, dia akan makin dewasa. yang dimaksud dewasa itu apa sih?

saya sendiri sekarang makin tua (dari remaja jadi pemuda), jadinya malah makin banyak mikir. tentang masa depan lah, prilaku orang lah, dkk. apa ini proses pendewasaan atau saya kebanyakan mikir? haha. susah juga kalo mau bebas kaya burung.(forumm.wgaul.com)


Jb. Dewasa menurut ilmu psikologi adalah orang yang berumur diatas 21 tahun dan telah siap menjalani kehidupan kedewasaaan seperti meniti karir, pernikahan dan mempersiapkan keuangan untuk masa depan serta kuliah-kuliah lanjut untuk mempertajam potensi dirinya.

pemikiran yang matang merupakan salah satu aspek dari kedewasaan, namun ada juga orang yang mempunyai fisik dewasa namun pemikiran tidak sesuai dengan umurnya dan ada juga yang mempunyai pemikiran diatas umurnya.. semua tergantung oleh pendidikan, pola asuh, lingkungan dan pengalaman dan perkembangan dirinya.. namun tidak mungkin mungkin orang yang sudah dewasa, pemikirannya masih seperti anak tk... kecuali orang yang mengalami gangguan kejiwaan, namun dari itu semua lebih tergantung oleh pendidikan dan lingkungan yang memperngaruhinya...

jika anda sudah berada di atas umur 21 tahun maka anda sudah disebut sebagai orang yang dewasa. jadi anda harus siap siap mempersiapkan askep askep kedewasaan anda..

2 komentar:

  1. lho pak ada juga yang meski berumur 21 lebih tapi mereka secara sosial tidak bisa dianggap dewasa, menemukan problem solving untuk dirinya ja belum bisa apalagi membantu orang lain,

    BalasHapus
  2. Secara umur dia telah dewasa jika diatas umur 21 tahun namun sifat bisa saja masih kekanak-kanakan.

    semoga berbahagia selalu

    psikolog/sinshe fudin pang
    www.accuratehealth.blogspot.com

    BalasHapus